jalandulu.com

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Section Blog Current Users Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

E-mail Print PDF

Di jaman modern ini, Indonesia tetap memiliki keraton/kerajaan. Salahsatunya, Keraton Yogyakarta.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti di tahun 1755. Lokasi keraton ini konon adalah bekas sebuah pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Pesanggrahan ini digunakan untuk istirahat iring-iringan jenazah raja-raja Mataram (Kartasura dan Surakarta) yang akan dimakamkan di Imogiri. Versi lain menyebutkan lokasi keraton merupakan sebuah mata air, Umbul Pacethokan, yang ada di tengah hutan Beringan. Sebelum menempati Keraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono I berdiam di Pesanggrahan Ambar Ketawang yang sekarang termasuk wilayah Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman.

Keunikan itu membuat Yogyakarta menjadi salahsatu propinsi di Indonesia yang berlabel "Daerah Intimewa." Berikut ini adalah tarian Bedhaya Ketawang, yang hanya boleh ditarikan oleh gadis-gadis suci pilihan, kental dengan budaya magis yang melekat.

Last Updated on Tuesday, 14 June 2011 07:16  

Chat Dengan Admin

Chat Dengan Alex

Chat Dengan Putut

Chat Dengan Riris

Chat Dengan Totok


Newsflash

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.